Gejala Demam Berdarah - Kenali Ciri dan Tandanya Sebelum Terlambat


Seperti kita tahu, gigitan nyamuk Aedes Aegepty adalah biang penyebab seseorang terkena demam berdarah atau DBD.

Nyamuk ini biasanya bersarang pada tempat-tempat genangan air yang tidak mengalir, terutama pada musim hujan.

Wapadalah jika anda digigit, karena nyamuk itu akan menularkan virus dengue yang sangat berbahaya. Tanda-tanda DBD akan diketahui setelah tiga sampai lima belas hari setelah gigitan.

Berikut ini kami uraikan tiap jenis tanda dan gejala DBD yang paling cepat terlihat.

Gejala Demam Berdarah

1. Demam tinggi


Ciri-ciri DBD mulai terlihat jelas dengan adanya demam.

Setelah gigitan nyamuk tersebut, maka akan timbul demam yang cukup tinggi. Jika anda digitit nyamuk kemudian mengalami demam tinggi, maka sebaiknya hubungi dokter karena gejala DBD kemungkinan sedang meneror diri anda.

2. Sakit kepala yang tak tertahankan


Sakit kepala pada gejala demam berdarah ini akan terasa sangat menyiksa sampai membuat penderitanya ingin membenturkan kepalanya ke tembok. 

Apabila hal itu terjadi dan sebelumnya anda terkena gigitan nyamuk Aedes Aegepty, maka besar kemungkinan bahwa anda terjangkit penyakit DBD

3. Timbul rasa sakit pada belakang mata


Rasa sakit ini akan timbul sebagai reaksi virus akibat dari gigitan nyamuk yang menjalar ke tubuh anda. Rasa sakit tersebut akan lebih meningkat terutama pada bagian belakang mata. 

Selain sakit, mata juga akan terasa sangat berat. Jika penderita mengalami ini bersamaan dengan sakit kepala akut, besar kemungkinan orang tersebut telah mengalami demam berdarah.

4. Timbul nyeri pada sendi


Sendi-sendi yang ada di badan menjadi nyeri dan ngilu apalagi ketika anda menggerakannya.

5. Timbul nyeri pada otot dan tulang


Selain di bagian sendi, rasa nyeri juga akan menjalar meluas sampai ke bagian otot bahkan tulang. Hal ini akan membuat badan anda menjadi sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, segeralah bergegas untuk memperoleh penanganan yang tepat.

6. Bintik merah mulai merajalela di kulit


Seperti halnya pada gejala tipes, tanda-tanda DBD juga salah satunya dapat dicirikan atau ditandai dengan adanya ruam berupa bintik-bintik merah yang muncul di beberapa bagian tubuh anda.

7. Pendarahan ringan


Pendarahan ringan akan timbul sebagai gejala lanjutan akibat virus dengue tersebut. Pada waktu tertentu akan terjadi pendarahan ringan yang apabila tidak segera ditangani akan berakibat cukup buruk dan fatal.

gejala demam berdarah

8. Nyeri pinggang


Pada beberapa orang, gejala demam berdarah akan ditandai dengan timbulnya sakit pinggang sehingga tidak mengherankan jika sakit pinggang pun bisa menjadi salah satu tanda penyakit DBD.

9. Pembengkakan pada bagian tubuh tertentu


Pembengkakan biasanya terjadi pada bagian kelenjar getah bening, di bagian leher serta bagian selangkangan. Berhati-hatilah jika pembengkakan terjadi di sekitar area tersebut.

10. Demam bisa mulai mereda


Pada tahap kedua atau minggu kedua biasanya gejala demam cenderung menurun. Namun, anda harus tetap waspada karena gejala yang lebih buruk bisa saja terjadi. Pada gejala tahap dua ini biasanya ditandai dengan adanya peningkatan permeabilitas pada pembuluh darah kapiler.

11. Sakit pada perut yang bertambah parah


Bukan sakit perut biasa kalau Anda sembelit, namun ini sakit perut yang menarik-narik otot dan jaringan di perut sehingga membuat perut sakit tak tertahankan, dan ini akan semakin memburuk pada penderita DBD yang terlambat ditangani.

12. Muntah disertai darah


Terkadang muntah disertai dengan darah atau disebut juga muntah darah. Dan gejala ini terus-menerus terjadi secara berkepanjangan dan sulit untuk dihindarkan.

13. Pernapasan terganggu


Virus bakteri yang semakin ganas dapat mengganggu saluran pernapasan sehingga mengakibatkan sesak nafas.

14. Terjadi pendarahan pada organ tertentu


Pendarahan ditandai dengan kulit yang cenderung mudah memar, terjadi mimisan pada hidung, gusi berdarah sampai yang paling berbahaya, yaitu terjadi pendarahan pada bagian organ dalam yang berujung pada kematian.

15. Kotoran atau feces berwarna hitam


Gejala DBD yang semakin parah dapat ditandai dengan melihat kondisi feses yang cenderung berwarna kehitaman.

16. Kulit cenderung lembab, dingin dan pucat


Jika ketika bercermin terlihat kondisi kulit yang cenderung lembab dan pucat; maka sebaiknya harus curiga karena hal itu bisa menjadi pertanda anda akan menderita penyakit DBD.

17. Tubuh jadi tak bertenaga


Biasanya penderita hanya bisa berbaring tanpa melakukan aktifitas seperti biasanya karena kondisi tubuh yang semakin lemas

18. Emosi terganggu dan mudah marah


Penderita biasanya sangat labil dan memiliki emosi yang menggebu-gebu. Anda harus maklum jika penderita DBD selalu menunjukan hal yang emosional karena itu bisa timbul secara alamiah, bawaan penyakit DBD tersebut.

19. Sulit tidur meski mengantuk


Penderita gejala demam berdarah biasanya hanya berbaring di tempat tidur hingga mengantuk merupakan hal yang wajar. 

Sayangnya, rasa kantuk tersebut biasanya tidak dibarengi dengan tidur yang nyaman karena selalu ada gangguan dari komplikasi gejala-gejala DBD tadi.  

20. Denyut nadi semakin lemah


Apabila diraba, maka denyut nadi sudah tidak terdeteksi lagi sehingga sangat sulit untuk mengukur tekanan darah melalui denyut nadi.

Dalam tahap yang parah, penderita bisa mengalami koma.

DSS (Dengue Shock Syndrome) itulah istilah kedokteran yang melekat pada tanda-tanda DBD stadium akut ini.

Hal itu disematkan mengingat bahaya yang mengintai dari gejala DBD stadium akut ini karena bisa mengakibatkan kematian.

Melihat bahayanya, memang adalah hal patut jika kita mengenali sejak awal gejala demam berdarah dan juga berupaya untuk melindungi diri kita dari penyakit ini dan berhasil pulih dari DBD jika sedang terjangkit.

Salah satu caranya adalah dengan minum sari buah mengkudu. Tapi mengapa sari buah mengkudu?

Mengapa Sari Buah Mengkudu atau Noni Jus Dapat Dengan Efektif Mencegah dan Mengatasi DBD


Buah mengkudu, melalui sari buah-nya, efektif untuk mengatasi DBD karena mengandung zat dan enzim yang memang ampuh untuk melawan DBD.

1. Noni Jus/Sari Buah Mengkudu Mengandung Anti Bakteri


DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegepty menyebabkan infeksi virus pada tubuh.

Namun, buah mengkudu atau noni jus dapat mengatasi serangan infeksi tersebut secara efektif karena sari buah tersebut bersifat anti bakteri.

2. Buah mengkudu mengandung hipokelemestik


Kandungan yang satu ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh sehingga serangan DBD yang bersumber dari infeksi virus dengue dapat diatasi dengan secara tepat.

3. Noni juice mengandung vitamin C


Dalam mengatasi gejala DBD, vitamin C terbukti sangat efektif karena akan mempercepat memperbaiki serta memperbaharui sel-sel tubuh yang rusak.

Hal ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena akibat yang ditimbulkan oleh gejala-gejala DBD yang telah dibahas sebelumnya akan memerlukan pembaharuan sel.

4. Sari buah mengkudu mengandung ragam antioksidan


Fungsi antioksidan yang dikandung oleh sari buah mengkudu dapat mempercepat dalam penyembuhan infeksi seperti infeksi yang disebabkan oleh virus dengue tersebut.

Antioksidan juga berfungsi dalam memperlancar produksi trombosit. Disisi lain, Antioksidan juga dapat mengatasi rasa linu pada bagian sendi dan tulang.

5. Mengkudu mengandung mineral yang bermanfaat


Mineral yang dimaksud berupa zink, selenium, dan magnesium. Ini sangat berkhasiat dalam upaya pemulihan tubuh yang drop saat mengalami gejala DBD yang sangat komplikasi tersebut.

Cara Konsumsi Buah Mengkudu


Ada beragam cara untuk mengkosnumsi buah mengkudu. Ada yang efektif dan yang sangat efektif.

Yang efektif:

Buah mengkudu dapat dikonsumsi dengan cara dihaluskan lalu dikombinasikan dengan parutan rimpang lempuyang. Kemudian, masukan air yang sudah dimasak terlebih dahulu dengan takaran sekitar beberapa sendok saja. Peras dan minum air perasannya serta tunggu khasiatnya.

Yang lebih efektif, atau sangat efektif:

Buah mengkudu di ambil sari-sarinya dengan cara diteteskan cairannya sehingga menghasilkan cairan murni buah mengkudu matang.

Dengan cara ini, semua kandungan penting mengkudu-nya akan tersimpan didalam cairannya.

Hasilnya, untuk mengatasi penyakit, termasuk demam berdarah, zat dan enzim yang terkandung dalam mengkudu bisa didapatkan oleh tubuh secara penuh.

Tidak perlu mencampur cairan murni mengkudu ini dengan herbal lainnya. Ingatlah, mengkudu adalah buah super sehingga buah ini sudah memiliki kandungan yang lebih daripada cukup untuk mengatasi DBD.

Menghasilkan noni jus murni tidak mudah. Itu sebabnya banyak orang malah mem-blender dan memeras hasil blenderannya agar mendapatkan cairan mengkudunya. Ini cukup efektif tapi tidak benar-benar efektif sehingga untuk melawan penyakit tidak akan maksimal.

Untuk itulah kami menganjurkan Anda untuk minum Noni Enzyme, yaitu noni jus yang benar-benar 100% murni.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

gejala demam berdarah

Dapatkan Tips Kesehatan, Menu Sehat, & Info Seputar Noni...
12.000 orang telah bergabung, ayo jangan ketinggalan