17 Kandungan Mengkudu Untuk Kesehatan

Mengkudu sebenarnya mengandung lebih dari 17 kandungan zat, senyawa, dan bahan yang bagus untuk kesehatan.

Namun demikian, 17 kandungan berikut ini adalah yang terutama dari banyak kandungannya.

Memahami 18 kandungan apa saja yang terdapat dalam mengkudu akan membantu Anda memahami betapa luar biasanya buah ini untuk membantu penggunanya untuk sehat dan terlepas dari penyakit.

Silakan disimak 17 kandungan mengkudu berikut ini. Anda cukup klik salah satu dari 17 kandungan di bawah ini untuk langsung membaca topik yang diinginkan.

1) Protein

Kandungan mengkudu yang pertama adalah protein dan terdapat sekitar 2,90 persen atau 0,75 gram nutrisi tersebut di dalam 100 gram buah mengkudu yang Anda makan.

Protein merupakan salah satu zat penting yang wajib dimiliki oleh tubuh sebab berfungsi untuk memberikan tenaga dan membentuk otot manusia.

Tubuh juga membutuhkan protein untuk memperbaiki sekaligus mengembangkan jaringan dan sel-sel tubuh, termasuk bagian rambut dan kuku.

Selain itu, protein juga bermanfaat untuk memproduksi berbagai macam enzim, zat kimia, serta hormone yang dibutuhkan tubuh.

Protein dalam mengkudu juga berguna untuk membentuk darah, tulang, dan kulit. Inilah sebabnya mengkudu dapat dimakan sebagai salah satu sumber protein terutama ketika sedang diet.

2) Xeronine

Xeronine merupakan sebuah senyawa atau enzim yang berfungsi penting bagi seluruh fungsi sel di dalam tubuh manusia.

Terdapat kandungan xeronine di dalam buah mengkudu dan penting untuk Anda catat bahwa tubuh manusia memerlukan zat ini untuk bertahan hidup karena enzim ini membantu pertumbuhan dan perbaikan sel serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Jika Anda kekurangan asupan xeronine, maka tubuh akan jadi mudah terserang penyakit dan selain itu proses penyembuhannya akan memakan waktu sebab proses penyembuhan sel-sel jadi lebih lama dan terhambat.

Bahkan cukup konsumsi sumber xeronine akan membantu dalam pencegahan berbagai macam penyakit seperti kanker, diabetes, jantung, dll.

3) Zat Terpenoid

Zat ini termasuk dalam golongan senyawa hidrokarbon isomerik yang biasanya terdapat pada lemak essential atau minyak.

Zat ini berguna bagi tubuh dalam pembentukan dan pemulihan sel-sel dan merupakan pigmen penting bagi manusia.

Selain itu, zat ini juga berfungsi dalam melawan berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh karena bakteri maupun jamur.

Di dalam terpenoid terdapat banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti salah satunya Beta-Karotin yang bermanfaat dalam menurunkan resiko seseorang untuk terserang penyakit kanker seperti kanker pada kulit, paru-paru, leher rahim, dsb.

Sementara itu, eugenol adalah zat aktif terpenoid pembasmi kuman dan menginduksi anestesi.

4) Scopoletin

Scopoletin adalah kandungan mengkudu yang berupa senyawa bermanfaat untuk mengatasi alergi dan mengusir peradangan.

Selain itu, guna scopoletin adalah mengurangi resiko terserang penyakit stroker sebab zat ini membantu dalam pelebaran pembuluh darah yang telah mengalami penyempitan.

Bisa dikatakan zat ini sangatlah bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi sebab scopoletin membantu mengatur tekanan darah dan membantu menurunkannya saat tinggi dan sebaliknya, ketika tekanan darah rendah maka ia akan berusaha menurunkannya.

Ditambah lagi, senyawa ini senyawa ini juga mengatur hormon serotonin yang berfungsi menurunkan kadar kecemasan serta depresi pada manusia.

5) Serat

Serat adalah salah satu jenis mineral yang sulit diserap dan tidak mudah dicerna oleh tubuh.

Serat lebih rendah kalori meski hampir sama dengan karbohidrat yang dapat memberikan tenaga atau energi pada tubuh manusia.

Walau susah untuk dicerna, mengonsumsi serat seperti halnya mengkudu dapat membantu dalam mengatasi berbagai macam penyakit termasuk kanker, diabetes, sembelit, dan lain sebagainya.

Menurut ahli nutrisi Michelle Pfennighaus, serat membantu menyeimbangkan kadar gula di dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Serat juga membuat jantung kita lebih sehat karena rendah akan lemak jenuh. Bagi mereka yang sedang diet, serat membuat perut terasa lebih kenyang sehingga menguransi nafsu makan berlebih.

Pada dasarnya terdapat 2 macam jenis serat yaitu serat larut dan tak larut dan buah mengkudu mengandung komponen serat yang cukup tinggi yaitu sekitar 3 gram pada 100 gram mengkudu yang Anda makan.

6) Selenium

Selenium merupakan kandungan buah mengkudu dalam bentuk sebuah mineral yang fungsinya sebagai sumber antioksidan tinggi.

Meski tubuh tak terlalu banyak membutuhkan selenium, namun asupan hariannya tetap perlu untuk diperhatikan khususnya agar fungsi pada metabolisme tubuh dapat tetap berjalan baik apalagi di bagian kelenjar tiroid.

Perlu diingat bahwa tubuh manusia tidak dapat memproduksi mineral ini dan itulah sebabnya sangat perlu memakan sumber selenium seperti buah mengkudu.

Fungsi paling efektif dari selenium adalah sebagai sumber antioksidan yang membantu melawan efek-efek negatif radikal bebas yang dapat memicu berbagai macam penyakit seperti kanker.

Selenium memiliki sifat anti karsinogenik yang dapat membunuh sel-sel kanker sehingga mampu dicegah.

Kita harus mendapatkan takaran cukup selenium karena kekurangan mineral ini dapat berakibat buruk seperti menurunkan fungsi otak, menaikkan risiko stroke, kerusakan jantung, dan masih banyak lagi.

7) Flavonoid

Flavonoid adalah salah satu senyawa aktif yang terdapat pada mengkudu dan mempunyai level toksisistas yang terbilang rendah.

Flavonoid hanya dapat ditemukan di dalam makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti salah satunya buah mengkudu ini.

Sama seperti khasiat selenium, zat ini juga dapat berguna sebagai antioksidan yang berfungsi mengurangi efek kerusakan pada jaringan dan sel tubuh manusia.

Flavonoid juga dikenal sebagai zat yang mempunyai sifat anti-virus, anti-inflamasi, serta anti-alergi.

Lebih lanjut, zat ini juga membantu menekan penggumpalan trombosit yang dapat memicu penyakit seperti trombus dan aterosklerosis.

Beberapa penelitian juga mengemukakan bahwa flavonoid mempunyai sifat anti-diare layaknya quercetin dan epicatechin.

Diare dapat membuat tubuh menjadi kekurangan cairan sehingga penting bagi Anda konsumsi makanan sumber flavonoid untuk mencegahnya seperti mengkudu.

8) Kalsium

Terdapat 325 miligram kalsium per 100 gram buah mengkudu yang Anda makan dan itu berarti buah mengkudu menjadi salah satu sumber penting zat atau mineral kalsium bagi tubuh Anda.

Peran kalsium yang paling utama adalah menguatkan tulang dan juga gigi.

Namun, pendapat bahwa kalsium hanya penting untuk pembentukan tulang sangatlah salah sebab ada banyak manfaat kalsium lainnya dan bahkan mineral ini berperan penting dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh.

Kalsium dibutuhkan dalam transmisi syaraf, metabolisme tubuh, kontraksi otot, pengaturan detak jantung, membantu proses pembuahan dalam kehamilan, pembentukan energi, mengaktifkan imun, membantu mempercepat pembekuan darah, dan lain sebagainya.

Perlu dicatat bahwa setelah berumur 20 tahun ke atas, tubuh manusia akan mulai kekurangan kalsium.

Itulah sebabnya orang-orang lanjut usia semakin rentan akan resiko terkena osteoporosis dan penyakit lainnya.

Gejala awal dari kekurangan kalsium adalah tubuh yang sering merasa lesu, mudah berkeringat, daya tahan tubuh turun, dsb. Penting mengonsumsi sumber kalsium tinggi seperti mengkudu.

9) Natrium

Kandungan mengkudu lainnya seperti natrium atau sodium memiliki banyak manfaat dan fungsi bagi tubuh, meski memang kelebihan asupan zat ini justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Oleh karena itu, porsi natrium/ sodium perlu diperhatikan agar tidak terlalu berlebihan.

Sodium sendiri sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan yang paling umum adalah garam, namun mengkudu pun rupanya juga memiliki sekitar 335 miligram natrium per 100 gram mengkudu (konsumsi natrium per hari sebaiknya hanya sekitar 1.100-3.300 mg).

Manfaat adanya natrium bagi tubuh kita ialah mengatur keseimbangan cairan tubuh sebab natrium akan berusaha memberikan rangsangan ke otak kita agar mengonsumsi air.

Selain itu, natrium atau sodium juga berfungsi menyeimbangkan aliran cairan di dalam tubuh sebab konsumsi natrium yang meningkat akan meningkatkan volume darah sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kerja jantung.

10) Kalium

Kalium atau yang juga dikenal dengan sebutan potassium ialah suatu mineral yang sangat penting bagi tubuh sebab mineral ini berfungsi untuk membuat semua jaringan, sel, dan seluruh organ yang ada di dalam tubuh manusia dapat berfungsi dengan baik.

Meski di dalam buah mengkudu tidak terdapat banyak kalium, hanya sekitar 1,12 miligram per 100 buah mengkudu yang Anda makan namun buah ini tetap bagus menjadi sumber potassium yang berarti.

Mineral ini juga merupakan elektrolit yaitu zat yang akan melaksanakan fungsi listri bagi tubuh kita yang bermanfaat bagi kesehatan ketika bekerjasama dengan zat mineral lainnya seperti magnesium, kalsium, natrium, dan klorida.

Kalium juga bermanfaat bagi kesehatan jantung, pencernaan, dan fungsi otot. Keseimbangan asupan kalium sangatlah penting dan jangan sampai tubuh kekurangan maupun kelebihan zat mineral ini.

Kelebihan kalium disebut hiperkalemia, sedangkan kekurangannya disebut hipokalemia. Perlu diingat bahwa jumlah kalium yang ada di dalam tubuh juga bergantung dari jumlah magnesium serta sodium dalam darah

11) Zat Besi

Terdapat sekitar 9,17 miligram zat besi per 100 gram buah mengkudu dan tak dapat dipungkiri bahwa zat ini memegang peran penting bagi kesehatan tubuh terutama dalam hubungannya dengan pembentukan sel darah merah atau hemoglobin.

Kekurangan zat besi ini akan membuat tubuh rentan akan sakit anemia atau kekurangan sel darah merah sehingga tubuh jadi gampang lesu dan lemah.

Zat besi ternyata juga berperan penting dalam berbagai macam sistem enzim seperti sitokrom, mioglobin, dan katalase sehingga tanpa adanya enzim-enzim ini maka sistem tubuh tak dapat berfungsi secara normal dan baik.

Manfaat zat besi lainnya selain pembentukan hemoglobin ialah pembentukan otot, meningkatkan perkembangan otak karena pasokan oksigen di dalam darah juga dibantu oleh zat besi, serta mengatur suhu tubuh. Inilah macam-macam kandungan mengkudu yang bermanfaat.

12) Vitamin A

Kekurangan vitamin A membuat fungsi tubuh menjadi kurang baik, vitamin ini sering disebut sebagai retinol dan manfaat utamanya ialah untuk menjaga kesehatan penglihatan alias mata kita.

Vitamin A sendiri merupakan jenis vitamin yang sangat aktif dan mudah larut di dalam jaringan lemak sehingga akan diteruskan ke bagian hati untuk disimpan.

Fungsi utama vitamin A untuk penglihatan ialah membantu dalam pembentukan pigmen mata dan rata-rata per orang tiap harinya mengonsumsi vitamin A sekitar 900 mikrogram dan tidak lebih dari 3.000 mikrogram.

Sementara itu terdapat 395,83 IU vitamin A per 100 gram mengkudu yang dikonsumsi, bisa dibilang buah mengkudu adalah salah satu sumber paling kaya bagi Anda untuk mendapatkan asupan vitamin A setiap harinya.

Zat nutrisi ini juga membantu dalam menghambat proses penuaan dini, mengoptimalkan perkembangan janin bagi wanita hamil, serta meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

13) Vitamin C

Dalam 100 gram mengkudu terdapat kurang lebih 175 miligram vitamin C bagi pasokan tubuh manusia.

Kandungan mengkudu satu ini sangatlah penting bagi pembentukan serta perbaikan tissu di dalam tubuh.

Selain itu vitamin ini juga berfungsi di dalam proses pembentukan kolagen yang bermanfaat bagi kulit, ligamen, tendon, tulang rawan, serta saluran darah kita. Vitamin C juga membantu mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki serta memperkuat tulang maupun gigi.

Vitamin C hanya dapat diperoleh dari sumber makanan dan vitamin ini cepat larut sehingga mudah hilang dari tubuh manusia dan kekurangan vitamin C akan membawe efek-efek buruk bagi kesehatan seperti mudah lelah, cepat sakit, dan lain sebagainya.

Banyaknya vitamin C yang perlu dikonsumsi oleh manusia setiap harinya adalah 500 miligram sebagai jumlah yang ideal dengan batas aman sekitar 2.000 miligram per hari. Namun mengonsumsi sekitar 500 mg saja sebenarnya sudah cukup.

14) Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh untuk manusia dapat menjalankan aktivitas setiap harinya.

Kekurangan karbohidrat dapat membuat seseorang mudah lelah dan capek, sedangkan kelebihan karbohidrat juga tak baik sebab bisa memicu obesitas, kolesterol, sembelit, dan sebagainya.

Pada 100 gram mengkudu yang dimakan terdapat sekitar 51,67 gram asupan karbohidrat dan nutrisi ini berfungsi di dalam proses metabolisme tubuh.

Karbohidrat sendiri sering disebut sebagai zat gula dan fungsinya juga sebagai sumber kalori.

Fungsi karbohidrat selain sebagai sumber energi utama bagi tubuh yaitu untuk memperlancar pencernaan, cadangan energi di dalam hati dan otot, dan mencegah oksidasi lemak yang mengoptimalkan proses penyerapan kalsium serta memudahkan proses pencernaan makanan

15) Vitamin B2/Riboflavin

Hampir sama fungsinya dengan karbohidrat, vitamin B2 atau sering disebut juga riboflavin memiliki peran penting dalam produksi energi.

Hal ini dikarenakan vitamin B2 membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi gula yang nantinya bermanfaat sebagai bahan bakar bagi fungsi tubuh.

Vitamin ini juga mempunyai peran yang sangat aktif berhubungan dengan transpor elektron yang menghasilkan sel energi.

Riboflavin adalah suatu vitamin yang mudah larut di dalam air dan tubuh manusia membutuhkan asupan ini setiap hari sebab vitamin ini cepat hilang karena tidak disimpan atau dicadangkan di dalam tubuh.

Dan vitamin ini sangat penting bagi diet Anda, sementara itu terdapat sekitar 0,33 miligram vitamin A di setiap 100 gram mengkudu yang dikonsumsi.

16) Vitamin B3/Niasin

Kandungan buah mengkudu seperti niasin atau vitamin B3 merupakan salah satu vitamin B kompleks dan diperlukan untuk kesehatan tubuh.

Vitamin B3 biasanya sangat diperlukan untuk tubuh seperti dalam hal menjaga fungsi normal otak, mempertahankan sirkulasi darah yang baik, meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan kulit, mengurangi efek radang pada sendi, dan membantu proses pencernaan dalam menyerap protein, karbohidrat, dan lemak.

Fungsi niasin yang terutama ialah menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, menyembuhkan diabetes, menyembuhkan iritasi kulit, dsb.

Akan tetapi, kelebihan asupan vitamin B3 juga akan berdampak negatif bagi kesehatan seperti mual dan muntah, pingsan, dll.

17) Zat Antibakteri dan Kanker

Terdapat zat anti bakteri di dalam kandungan mengkudu yang mampu membasmi bakteri penyebab infeksi dan penyakit seperti Salmonella, Pseudomonas aeruginosa, E. coli, S. pradysenteriae, Bacillus subtilis, dsb.

Selain itu, buah mengkudu juga berfungsi dalam mengontrol bakteri berbahaya seperti Pathogen dan hal tersebut membuat mengkudu atau buah pace efektif membunuh bakteri berbahaya.

Selain zat anti bakteri, buah mengkudu juga memiliki zat anti kanker yang melawan secara efektif jika ada sel-sel abnormal penyebab kanker.

Sudah banyak penelitian yang mengemukakan tentang zat anti bakteri dan anti kanker ini yang bermanfaat bagi tubuh manusia, misalnya saja salah satu komponen anti bakteri seperti Acubin yang menghambat berbagai bakteri.

Melihat 17 kandungan di atas, tidak mengherankan jika buah mengkudu bisa sangat diandalkan untuk membantu Anda pulih dari penyakit atau untuk menjaga kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya dari buah mengkudu, Anda bisa konsumsi sari buah mengkudu murni.

Sari murni buah mengkudu bisa Anda dapatkan lewat produk sari buah mengkudu seperti Noni Enzyme.

Dapatkan Tips Kesehatan, Menu Sehat, & Info Seputar Noni...
12.000 orang telah bergabung, ayo jangan ketinggalan